Soal Kinematika Gerak Lurus

Kinematika adalah ilmu yang mempelajari gerak tanpa mempersoalkan penyebab gerak.
Benda dikatakan bergerak jika posisi atau kedudukannya berubah terhadap titik acuan. Jika stasiun sebagai titik acuan, maka kereta api yang meninggalkan stasiun dikatakan bergerak karena posisinya terhadap  berubah terhadap stasiun.
Dalam fisika, jarak dan perpindahan merupakan dua besaran yang berbeda. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda selama bergerak (besaran skalar), sedangkan perpindahan merupakan perubahan posisi awal sampai akhir selama benda bergerak atau garis lurus yang menghubungkan titik awal dan titik akhir (besaran vektor).
Gerak lurus adalah gerak benda yang memiliki lintasan lurus. Pada saat bergerak kecepatan dapat berubah dipercepat, diperlambat, atau konstan.
Kinematika Gerak Lurus Membahas dua macam gerak lurus, yaitu Gerak lurus beraturan (GLB) dan Gerak Lurus berubah Beraturan (GLBB). Yang termasuk GLBB adalah gerak lurus berubah beraturan dipercepat, gerak lurus berubah beraturan diperlambat, gerak jatuh bebas, gerak vertikal ke bawah, dan gerak vertikal ke atas.
Gerak Lurus Beraturan
Gerak Lurus Berubah Beraturan
Gerak Vertikal ke Atas
Gerak Jatuh Bebas
Gerak Vertikal ke Bawah

Link Video Kinematika Gerak Lurus:
1. Gerak Lurus Beraturan
2. Gerak Lurus Berubah Beraturan
3. Gerak Vertikal ke Atas
4. Gerak Jatuh Bebas
    a. Tutorial Fisika - Gerak Jatuh Bebas (https://youtu.be/Cj0YDe0LyjY)
5. Gerak Vertikal ke Bawah


0 comments:

Post a Comment